Printfriendly

Review dan Benchmark antutu Lenovo a361i

Well, ini adalah salah satu smartphone dari Lenovo yang mengejar ke segmen low end. TS baru beli smartphone ini jadi sekedar review sedikit aja hehe.

Desain
Dimensi: 124 x 64 x 11.7 mm; Berat: 120 gr;
Hadir sasar konsumen kelas menengah bawah, A369i mengusung bodi plastik dengan sudut membulat. Pada bodi atas A369i terdapat port microUSB yang berdampingan dengan audio 3.5mm dan tombol power. Beralih ke ruas kanan hanya terdapat tombol untuk mengatur volume. Sementara bagian kiri dan bawah bodi A369i tampak mulus tanpa kehadiran tombol dan port apapun.

Dengan tekstur yang dimilikinya, bodi A369i tidak mudah meninggalkan bercak jari. Sementara saat dipegang, teksturnya yang cukup halus masih memungkinkan ponsel ini untuk terlepas dari genggaman.

Pada bagian belakang terdapat lubang kamera serta speaker. Sedangkan slot kartu SIM dan memori diletakkan dibawah baterai.

Layar
Layar: capacitive touchscreen, 16M colors; 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density;
Berbekal layar sentuh 4 inci, A369i siap menyuguhkan pengalaman browsing serta menonton video yang memuaskan mata pengguna. Layar yang dipakai cukup jelas terbaca saat didalam ruangan namun kurang bagus saat berada dibawah terik sinar matahari.

Selain rotasi layar otomatis, A369i juga dilengkapi pula dengan "daydream" yang memungkinkan Anda untuk memilih screensaver dari koleksi gambar yang tersimpan dalam galeri. Berbeda dengan screensaver lainnya, daydream hanya akan aktif ketika ponsel sedang di-charge.

OS dan Interface
Android 4.2.2 Jelly Bean, Lenovo Launcher
Mengusung Android Jelly Bean, A369i dipoles pula dengan launcher ala Lenovo yang memungkinkan pengguna mengganti efek transisi halaman, efek, tema, wallpaper dan sebagainya. Didalam A369i, Lenovo sudah menyematkan 5 pilihan tema yang menjanjikan tampilan yang segar dan unik untuk ponsel Anda.

Selain tema, Anda juga dapat melakukan kustomisasi ikon yang mencakup ukuran teks, warna, dekorasi, besar ikon dan lain-lain. Beralih ke menu, Anda akan menjumpai deretan ikon yang tertata dalam format grid horisontal. Secara keseluruhan, A369i menawarkan pilihan kustomisasi yang paling lengkap dikelasnya.



Hardware
chipset: MTK 6572, CPU: Dual Core, 1.3GHz Cortex-A7, GPU: Mali-400MP; RAM 512MB, Storage 4GB (1.27GB User Available) Accelerometer, proximity;

Untuk menunjang lancarnya kinerja, A369i dipersenjatai dengan prosesor dual core berkecepatan 1,3GHz. Untuk mendukung proses grafisnya, Mali-400MP telah pula disiapkan oleh Lenovo. Sedangkan RAM 512MB yang dipadu dengan ruang penyimpanan sebesar 1.2GB yang dimilikinya membuat kinerjanya dalam menjalankan beragam aplikasi begitu mengesankan. Sementara untuk baterai yang disematkan, Lenovo memilih menggunakan baterai Li-Po 1500 mAh yang dapat Anda lepas.

Pengukuran kenerja A369i menggunakan Antutu Benchmark yang dilakukan TS menghasilkan poin sebesar 10892 yang membuatnya unggul dari Samsung Galaxy SII.

Sementara untuk mengukur kinerja grafisnya digunakan Nenamark 2 yang berhasil memperoleh kecepatan sebesar 41.6 fps. Perolehan tersebut membuat kinerja A369i lebih unggul dari LG Optimus 2X.


Multimedia
Video: AVI,  MP4, MKV, 3GP,
Audio: AAC, M4A, MP3, OGG, FLAC, WAV;

Untuk memainkan video, Anda dapat masuk ke galeri atau menggunakan video player bawaan. Anda dapat memutar video dalam beragam format populer hingga resolusi 720p. Sayang sekali pemutar videonya tidak dapat menampilkan subtitle.

Beralih ke pemutar musik, Play Music yang disematkannya sanggup memperdengarkan lagu dalam beragam format populer. Anda juga dapat menggunakan A369i untuk mendengarkan siaran radio FM sekaligus merekam siaran favorit Anda.


Kamera
2 MP, 1600 x 1200 pixels, video: VGA; MP4/H.264/H.263/WMV/DviX player

Diposisikan untuk segmen Low-end, kamera A369i memang tidaklah istimewa. Dengan resolusi 2MP, hasil jepret A369i didalam ruangan memperlihatkan gambar yang gelap serta banyak noise. Sedangkan untuk pengambilan outdoor, gambar yang dihasilkan dapat Anda andalkan untuk keperluan sharing di situs jejaring sosial.

Kamera video A369i sanggup merekam gambar dengan resolusi VGA. Dengan persediaan memori yang sangat kecil, pengguna disarankan untuk menyematkan kartu memori lebih dulu.

Internet dan Konektivitas
Browser & Data: GPRS/EDGE/HSDPA, HTML5, Adobe Flash; Koneksi: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth with A2DP, microUSB v2.0; A-GPS support;

Dengan dukungan koneksi yang lengkap dari Wi-Fi hingga 3G HSDPA, Anda dapat menjelajah dunia maya dengan kecepatan hingga 7.2Mbps. Sementara fitur personal hotspot menyediakan pilihan berbagi koneksi via wireless tethering, Bluetooth dan USB.

Sementara browser bawaan A369i dilengkapi dengan fitur-fitur seperti save for offline reading, history dan bookmark. Browser A369i juga dapat membuka 16 halaman multitabs. Selain browser bawaan, Anda juga dapat menggunakan Chrome dan UC Browser untuk menjelajah internet. Beralih ke konektifitas, A369i sudah dilengkapi dengan Bluetooth dan kabel data USB. Anda juga dapat berbagi berkas dengan ponsel Android lain menggunakan aplikasi Any Share via jalur Wi-Fi. 

Sayangnya hanya SIM 1 yang bisa mendapatkan jaringan maksimal HSDPA sedangkan SIM 2 maksimal hanya EDGE. Namun itu semua tidak lepas dari harga gan.


Fitur Unggulan
Lenovo Power, AccuWeather, Backup & Restore, Evernote, Flashlight, News & Weather, Skype

Untuk menunjang fungsinya sebagai ponsel pintar, Lenovo melengkapi A369i dengan beragam aplikasi bawaan. Dengan Evernote, Anda dapat membuat catatan serta menyimpannya secara online.

Dengan Accuweather serta News & Weather, pengguna bisa mendapatkan ragam informasi penting sebelum melakukan perjalanan. Sedangkan dengan Backup & Restore, pengguna dapat mengembalikan aplikasi yang terhapus setelah melakukan factory setting.


Dual SIM GSM

SIM1&2: GSM 900 / 1800 / 1900; SIM1: HSDPA 900 / 2100

Dengan dua slot kartu GSM, Anda dapat menggunakan dua kartu lama Anda dalam satu ponsel.

Anda dapat memilih salah satu SIM untuk menelepon sesudah memasukkan nomor yang dituju. Sedangkan untuk mengirimkan pesan, Anda dapat memilih SIM yang akan dipakai sesudah menyentuh ikon kirim.
SIM pertama milik A369i dapat dipakai untuk sambungan data 3G/HSDPA, sementara SIM kedua hanya mendukung koneksi sekelas GPRS/EDGE


Hasil Benchmark Antutu






Kelebihan 
Layar 4 Inci Prosesor Dual core 1.3GHz
Android Jelly Bean
Harga terjangkau

Kekurangan 
Tidak ada kamera depan
Layar tidak terlihat di bawah sinar matahari
 Kamera tanpa lampu flash
Hanya SIM 1 aktif 3G/HSPA
Untuk Game sedang kadang lag jika RAM hampir penuh

Kesimpulan 
Dibanderol seharga sejutaan, Lenovo melengkapi A369i dengan layar luas serta prosesor dual core 1.3GHz. Dengan bekal OS Android Jelly Bean, pengguna juga dimanjakan dengan pilihan personalisasi yang cukup kaya. Sayang sekali, sektor kamera A369i terasa kurang lantaran absennya lampu flash serta resolusi kamera yang rendah. (Galing Kusumojati Dengan penambahan)

0 komentar "Review dan Benchmark antutu Lenovo a361i", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Jika artikel ini bermanfaat bisa dishare gan, tapi ingat selalu cantumkan sumber jika ingin copas artikel ini